KLIK dan DAFTAR SEKARANG DI AGROSUKSES: Dapatkan Pendanaan, Permodalan, Pemasaran, Kemitraan, dan lain-lain khusus di bidang: Perikanan, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Agroindustri. (AGROSUKSES, Mitra Agro Terpercaya Sejak 2013).

CARA PESAN: (1). Transfer ke Rekening Mandiri: 127.000.631.8081 a/n PT. Agromania Mitra Artha uang sejumlah Rp 425.000. (2). Setelah transfer, infokan ke kami via SMS/WA ke nomor: 0822-4665-9164 dengan format "Ekspor, Nama Anda, Alamat Lengkap Anda". Contoh: Ekspor, Mira, Jl. Belimbing no.9 Kemang Timur Jaksel 12150. (3). Pesanan Anda langsung dikirim dan resi pengiriman kami kirim ke nomor Anda agar Anda bisa melacak pengiriman.

SEDIKIT INFO: Bisnis ikan sidat semakin banyak dilirik orang. Ikan asli Indonesia yang bernama latin anguilla sp dan mengandung gizi yang sangat tinggi (mengalahkan ikan salmon) ini telah membawa berkah pundi2 rejeki bagi banyak orang: mulai dari remaja, ibu rumah tangga, wiraswasta, karyawan, hingga pensiunan. Peluang bisnis terbaik saat ini dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Hosting Unlimited Indonesia

Black Sweet, Semangka Mini

Sosoknya boleh dibilang mini, hanya berbobot 2 -5 kg. Bila dinikmati 3 -4 orang semangka itu habis sekali makan. Kalau belum dikonsumsi ia dapat disimpan di kulkas. Itulah black sweet yang kini mulai banyak dikebunkan. Karena pertimbangan itu setiap belanja semangka, Retnani, ibu rumah tangga di Tulung, Magelang, membelinya.

Semangka kecil tampaknya tengah digemari oleh sebagian masyarakat. Jumlah anggota keluarga yang relatif kecil menghendaki konsumsi buah sekali habis. Retnani, contohnya, dengan 2 anak, praktis black sweet tandas sekali santap. Jika harus membeli semangka yang umumnya berbobot 7 - 9 kg, butuh waktu beberapa hari untuk menghabiskan.
Qiang Seed, produsen yang bermarkas di Demak, Jawa Tengah, mengimpor benih black sweet 2 tahun silam. Namun, ketika itu masyarakat kurang antusias menyambut pendatang baru. "Saat itu orang masih mencari semangka yang murah dan besar," kata direktur Pemasaran Qiang Seed (QS) Ir Cipto.

Diminati
Beberapa pekebun di Boyolali, Klaten, dan Magelang kemudian mencoba menanam. Ketika panen mereka kesulitan memasarkan. Anggota staf QS yang kebetulan mengunjungi lahan pekebun, mengangkutnya dengan kendaraan bak terbuka. Di tepian jalan ia berhenti dan menawarkan kepada orang yang melintas.

Di luar dugaan, black sweet banyak diminati. Babak berikutnya para pekebun diperkenalkan dengan pemasok pasar swalayan. Pusat perbelanjaan di Semarang minta pasokan 1 ton sepekan. Pasar swalayan di Jakarta dan Yogyakarta juga berharap kiriman kerabat mentimun itu.

Pantas bila semangka lonjong itu diminati konsumen. Tingkat kemanisan mencapai 12° briks. Keunggulan lain, tahan angkut meski berkulit tipis. Ihwal kulit tipis juga menjadikan daging buah lebih tebal. Dengan sederet keistimewaan, di tingkat pekebun harga black sweet sangat murah.

Manis merata
Bila bobot per buah rata-rata 2 kg dan setiap tanaman menghasilkan 2 buah, pekebun meraih omzet lumayan. Padahal biaya produksinya relatif rendah, per tanaman. Semangka berkulit hijau tua - mendekati hitam - itu tahan serangan layu fusarium. Di dataran medium, masa produksi sekitar 2 bulan.

Selain black sweet, pilihan lain bagi pekebun adalah hitam manis. Itu bukan terjemahan bebas nama varietas keluaran QNS. Hitam manis diproduksi oleh PT Tani Unggul. Rata-rata panjang buah 20 cm, bobot 2 - 3 kg per buah. Kulit hijau tua atau malah cenderung hitam. Sementara daging buah merah dan manis.

Tani Unggul juga merilis little boy. Bentuk buah lonjong, hanya agak pendek. Buah berbobot 3 - 4 kg itu amat manis. Daging buah merah, berair, dan halus. Baik hitam manis maupun little boy didatangkan dari Taiwan. Sejak 5 tahun silam masyarakat negeri Formosa memang menggandrungi semangka mini.


Tren serupa kini tampaknya mulai menjalari masyarakat Indonesia. Peluang itulah yang ditangkap produsen benih seperti PT Qiang Seed dan PT Tani Unggul. Dari negeri Formosa ke-3 semangka mini itu bakal "bertarung" untuk mengambil hati konsumen. 

Posting Komentar

  © Pasar Agro Online Indonesia by Agrosukses.com 2016

Back to TOP